La Tahzan Perempuan Kuat

La Tahzan Perempuan Kuat
Untuk Semua Perempuan Kuat

Senin, 11 Januari 2016

30 hari Plank Challange



Tadinya saya tertarik dengan gerakan Plank, gara-gara si Kim Young Ho selalu menyuruh Kang Joo Eun buat melakukan satu gerakan yaitu badan menghadap ke bawah, kaki diangkat, tangan diangkat siku menahan badan bersama tumit.  Dan setelah itu diam selama beberapa detik.  Kayaknya gampang gitu, pas nyoba....alamakkkk gemeter pas masuk hitungan 20 -_-

Penasaran dong, kenapa si Young Ho memaksa Joo Eun melakukan itu tiap hari?

Nah kemudian ubek2 deh, wahhh ternyata itu cepet ngecilin perut dan memperkuat otot pinggul.  Maka saya sering nyoba-nyoba melakukan gerakan ini di rumah, menjelang tidur sih biasanya.  Lumayan bikin tidur lebih lelap.  Entah kenapa, sampai sekarang kagak paham.

Kemudian teman di FB ada yang share tentang gerakan ini, ternyata disebut plank.  Baru dehhhh eyke ubek2 di gugle buat cari tahu.

Nah, jadi apa itu Plank?

plank itu gerakan statis menahan tubuh pada posisi tertentu dalam waktu minimal 20 detik, maksimal 5 menit.  Plank sendiri adalah salah satu latihan pendinginan dalam yoga.  Gerakan ini berguna untuk menguatkan dan membentuk otot perut.  Kita sering bilangnya abs.  Sixpack itu lhoooo heheu


Plank sendiri punya beberapa manfaat, seperti:

1.  Memperbaiki postur tubuh
Plank membuat abs (otot perut) bekerja dan membentuk dengan baik, kecuali itu otot bahu, punggung, dada dan leher juga akan bekerja maksimal, sehingga menjadi kuat, postur pada punggung, bahu dan dada jadi bagus.  Mengembangkan isometrik dalam otot inti, yaitu membantu berdiri tegak dan duduk tegak dalam waktu yang lebih lama.

2.  Mudah disesuaikan
Gerakan plank bisa kita lakukan dimana dan kapan saja dengan waktu yang terbatas.

3. Meningkatkan Fleksibilitas manusia
Plank bagus untuk meregangkan bagian tubuh belakang kita terutama kaki.

4.  Menguji kesigapan kita
Gerakan-gerakan plank juga membuat keseimbangan kita terjaga sehinggakesigapana kita akan terbantu.


Seperti apa sih gerakan Plank itu?

Gerakan dasar plank adalah: menelungkupkan tubuh, lengan menahan tubuh, kemudian angkat pinggung dengan menggunakan kedua lengan menggunakan dan ujung tumit sebagai tumpuan, seperti posisi push up. Saat pingggul terangkat ada kontraksi,dan tahan posisi itu sampai waktu yang sudah ditentukan.

Simpel kan?

Kemudian ada sekitar 29 gerakan plank, seperti elbow plank, leg plak, side plank, dan lainnya.

Nah, kenapa tidak dicoba secara bertahap selama 30 hari ini?  Hari pertama kita hanya perlu memulai 20 detik plank, kemudian pada hari ke 13 dank ke 19 kita istirahat dari plank.

Setidaknya, buat kamu yang malah keluar rumah untuk olah raga, gerakan ini cukup membantu untuk memperkuat dan membentuk otot perut kita, mungkin kalori yang terbakar tidak sebanyak saat kita melakukan olah raga kardio semacam lari, jogging, bersepeda atau mberenang.  Tetapi kelebihan latihan plank ini membuat tubuh kita tetap fit dan otot perut kita menjadi lebih sehat dan terbentuk.

Yuk kita lakukan 30 hari tantangan Plank



Sumber tulisan:

30 day workout challenge

manfaat plank
mencoba tantangan plank
variasi plank
plank

Tidak ada komentar:

Posting Komentar